Sunday, August 16, 2015

Nama Latin Bunga Sakura, Si Manis Pembawa Impian Dan Keberuntungan

Bunga Sakura - Jika Anda senang menonton Drama Jepang tentu Anda sering menemukan pemandangan bunga sakura sedang mekar serentak. Bunga yang umumnya berwarna merah muda itu memang ialah bunga nasional Jepang. Nama Latin Bunga Sakura ialah Prunus serrulata Lindl. Termasuk dalam family Rosaceae (suku mawar-mawaran). Bunga yang anggun ini masih homogen dengan persik, apricot dan prem. Bagi bangsa Jepang bunga sakura melambangkan perempuan, pembawa rejeki dan sumber keberuntungan.
Di Jepang, ada aneka macam jenis dan nama latin bunga sakura. Jenis yang banyak ditemui ialah Prunus yedoenensis atau dikenal dengan nama Yoshino Cherry.  Jenis ini mempunyai warna merah muda dan putih.  Jenis yang lain ialah Prunus yamazakura, yaitu sakura yang berwarna putih salju. Kemudian ada Prunus yaezakura, atau sakura yang berwarna putih dengan adonan ungu kemerahan. Ada juga jenis sakura yang berwarna merah, nama latin bunga sakura merah ini ialah Prunus shidarezakura. Kaprikornus nama bunga sakura di Jepang nampaknya dibedakan atas warna-warna bunganya.
 Jika Anda senang menonton Drama Jepang tentu Anda sering menemukan pemandangan bunga saku Nama Latin Bunga Sakura, si Cantik Pembawa Harapan dan Keberuntungan

Baca Juga : Fakta dan Keindahan Bunga Sakura

Nama latin bunga sakura Prunus yedonensis atau Yoshino Cherry, sakura yang berwarna merah muda akan mekar serentak sebelum daun-daunnya muncul. Kaprikornus yang nampak ialah pohon penuh bunga tanpa daun. Sayangnya waktu mekar bunga sakura tak lebih dari seminggu, sehabis itu bunga akan rontok bersamaan.
Jadi kalau Anda di Jepang dan ingin menikmati bunga sakura, perhatikan dan pergunakan waktu Anda untuk momen mekar ini dengan sebaik-baiknya. Bunga ini tepatnya akan mekar pada tamat demam isu hirau taacuh ketika cuaca mulai menghangat, yaitu sekitar bulan Maret atau April. Di Jepang, waktu tersebut bertepatan dengan awal masuk sekolah. Sehingga bunga sakura juga menjadi perlambang bagi awal masa depan yang cerah.
Selain indah, bunga ini ternyata juga mempunyai banyak manfaat. Nama internasional bunga Sakura ialah cherry blossom dan banyak dipakai dalam industry kecantikan. Bunga ini mempunyai kandungan isoflavon yang bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami. Di Jepang sendiri, daun dan bunga tanaman ini dimanfaatkan untuk pewarna dan pewangi alami makanan. Pada momen tertentu menyerupai pernikahan, teh atau sup bunga sakura juga diminum sebagai perlambang keberuntungan dan kebahagiaan.
Bunga sakura cocok tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bahkan bunga ini sanggup juga tumbuh di Indonesia. Kalau Anda ingin menikmati bunga ini secara langsung, Anda sanggup tiba ke Bendungan Selorejo Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang Jawa Timur. Menurut gosip disana terdapat bunga sakura yang ditanam oleh konsultan Jepang yang dulunya ikut membangun Bendungan tersebut.
Nama latin bunga Sakura yang tumbuh di Malang ialah Prunus Serrulata dari jenis bunga sakura yang berwarna putih agak merah muda. Di wilayah Bendungan Selorejo tersebut sekarang terdapat enam buah pohon sakura.  Jadi, ternyata tidak harus jauh-jauh ke Jepang kok untuk menikmati mekarnya bunga sakura. Anda pun sanggup menanamnya di rumah Anda. Hanya saja, mungkin di Indonesia bunga ini tak mekar secara spektakuler menyerupai di negeri asalnya sana. 


 
close