Sunday, April 28, 2013

Rpp Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn) Kelas 11 Sma/Ma Revisi 2017

Warga ads.id
RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017
RPP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kelas 11 SMA/MA Revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengan Atas N/S
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas /Semester : XI/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila
Alokasi Waktu : 8 JP (4 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti

KI 1: Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya
KI 2: Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsif dan proaktif, sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingintahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

1.1 Menghargai hak asasi insan menurut perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Bersikap peduli terhadap asasi insan menurut perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1 Menganalisis pelanggaran hak asasi insan dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.1 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi insan dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1.1 Menerima hak asasi insan menurut perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.1.2 Menghargai hak asasi insan menurut perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1.1 Memiliki sikap peduli terhadap asasi insan menurut perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.1.2 Bersikap peduli terhadap asasi insan menurut perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1.1 Menjelaskan makna hak asasi manusia
3.1.2 Menjelaskan makna kewajiban asasi manusia.
3.1.3 Menelaah karakteristik hak asasi insan dalam nilai-nilai Pancasila.
3.1.4 Menelaah karakteristik kewajiban asasi insan dalam nilai-nilai Pancasila
3.1.5 Menelaah hak dan kewajiban asasi insan sesuai nilai-nilai dasar Pancasila.
3.1.6 Menelaah hak dan kewajiban asasi insan sesuai nilai-nilai instrumental Pancasila.
3.1.7 Menelaah hak dan kewajiban asasi insan sesuai nilai-nilai praksis Pancasila.
3.1.8 Menelaah upaya pemerintah dalam menegakan hak asasi manusia
3.1.9 Menelah upaya penanganan masalah pelanggaran hak asasi manusia
4.1.1 Menalar hasil analisis pelanggaran hak asasi insan dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.1.2 Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi insan dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga :


C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik dibutuhkan sanggup :
1. Menerima hak asasi insan menurut perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menghargai hak asasi insan menurut perspektif Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
3. Memiliki sikap peduli terhadap asasi insan menurut perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4. Bersikap peduli terhadap asasi insan menurut perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
5. Mengidentifikasi karakteristik Kak asasi insan
6. Mengidentifikasi karakteristikk kewajiban hak asasi insan
7. Menjelaskan makna hak asasi manusia.
8. Menjelaskan makna kewajiban asasi manusia.
9. Menalar hasil analisis pelanggaran hak asasi insan dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
10. Menyaji hasil analisis pelanggaran hak asasi insan dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara..

D. Materi Pembelajaran
1. Konsep hak dan kewajiban asasi manusia.

• Makna hak asasi manusia.
• Makna kewajiban asasi manusia.
2. Substansi hak dan kewajiban asasi insan dalam Pancasila.
• Hak dan kewajiban asasi insan dalam nilai dasar Pancasila.
• Hak dan kewajiban asasi insan dalam nilai instrumental Pancasila.
• Hak dan kewajiban asasi insan dalam nilai praksis Pancasila.
3. Kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia.
• Penyebab pelanggaran Hak Asasi Manusia.
• Kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia.
4. Upaya penegakan Hak Asasi Manusia (HAM).
• Upaya pemerintah dalam menegakan Hak Asasi Manusia.
• Upaya penanganan masalah pelanggaran Hak Asasi Manusia.

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Presentasi kelompok

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Komputer/Laptop
2. Slide Power Point
3. Media LCD projector,
4. Whiteboard
5. Spidol

G. Sumber Belajar :

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran PPKn. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran PPKn.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Internet
4. Sumber relevan lainnya

H. Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Pendahuluan
  • Kegiatan Inti
  • Kegiatan Penutup

H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
• Mempelajari buku teks dan sumber lain ihwal bahan pokok
• Menyimak tayangan/demo ihwal bahan pokok
• Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
• Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
• Terlampir


3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua potongan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal),
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai bahan pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan penerima didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau bahan pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala Sekolah Menengan Atas N/S                                Guru Mata Pelajaran



………………………………           ……………………….
NIP/NRK.                                          NIP/NRK.


 
close